Assallammualaikun wr wb

Oke kali ini saya akan membahas tentang :

A.Counter Up - Counter Down
B. Register Geser seri - Register Geser paralel

COUNTER
counter bisa juga di bilang pencacah atau penghitung rangkain logika skuensial yang digunakan untuk menghitung jumlah pulsa yang di berikan pada bagian masukan . Counter juga dapat digunakan bebagai operasi aritmatika , pembagi frekuensi , pehitung jarak dan penghitung kecepatan
Counte

Counter juga tersusun atas sederetan flip-flop yang dimanipulasi sedemikian rupa dengan menggunakan peta Karnough sehingga pulsa yang masuk dapat dihitung sesuai rancangan. Dalam perancangannya counter dapat tersusun atas semua jenis flip-flop, tergantung karakteristik masing-masing flip-flop tersebut.

rangkaian pencacah bisa dibedakan atas pencacah naik (Up Counter) dan pencacah turun (Down Counter). Pencacah naik melakukan cacahan dari kecil ke arah besar, kemudian kembali ke cacahan awal secara otomatis. Pada pencacah menurun, pencacahan dari besar ke arah kecil hingga cacahan terakhir kemudian kembali ke cacahan awal.




REGISTER
Register geser merupakan suatu prangkat fungsioal yang banyak di gunakan dalam sistem digital, pada sistem digital register geser berfungsi untuk menggeser suatu data . data dapat di geser menggunakan dua arah yaitu ke arah LSB (Low Significant Bit) dan ke arah MSB (Most Significant Bit).



Suatu metode pengidentifikasian register geser adalah bagaimana data dimuat dan dibaca dari unit penyimpanan, seperti yang ditunjukan pada gambar diatas. Dari sistem kerja dari register geser, register geser dapat di klasifikasikan dalam beberapa jenis sebagai berikut.
  1. Masukan dan keluaran seri  Register geser jenis ini tidak mengubah format data, karena dengan data input seri dan dikeluarkannya dalam format seri juga, yang berubah adalah nilai dari data tersebut.
  2. Masukan seri keluaran paralel  Register geser ini akan menggeser data seri dan mengeluarkannya dalam format paralel tanpa mengubah nilai data tersebut.
  3. Masukan paralel keluaran seri (Parallel In Serial Out Register), Register geser ini hanya mengubah format data paralel menjadi serial tanpa mengubah nilai dari data tersebut.
  4. Masukan paralel keluaran paralel  Register geser tipe ini  akan mengubah nilai dari data yang digeser dengan format data tetap paralel
link referensi
http://adityarizki.net/2011/07/05/tutorial-teknik-digital-rangkaian-pencacah-counter/

Komentar